Pertemuan 5: Penilaian
Psikomotor
1. Apa
yang telah saya pahami?
Pada
pertemuan ini kami membahas mengenai analisis domain psikomotor sebagai faktor
yang relevan dalam memahami konsep matematika. Ada beberapa hal yang saya
pahami:
a. Domain psikomotor merupakan internalisasi konsep matematika
dalam diri kita dengan wujud keterampilan (merancang/mendesain) agar lebih
produktif dan efisien dalam menjalani hidup.
b. Domain
psikomotor terkait dengan aktivitas otot dengan gerakan tubuh, anggota badan,
atau bagian tubuh lainnya (misalnya jari) yang diperlukan untuk tindakan
tertentu.
c. Domain
psikomotor merupakan salah satu faktor yang relevan dengan memahami konsep
matematika. Psikomotor dan matematika saling melengkapi dan relevan untuk
pengembangan Teknologi.
d. Penilaian
keterampilan meliputi ranah berpikir dan bertindak. Keterampilan ranah berpikir
meliputi antara lain keterampilan membaca, menulis, menghitung, dan mengarang.
Keterampilan dalam ranah bertindak meliputi antara lain menggunakan, mengurai, merangkai,
modifikasi, danmembuat..
2. Apa
yang belum saya pahami?
Terkait
penilaian psikomotor ada beberapa hal yang belum saya pahami, diantaranya:
v Apakah psikomotor dan keterampilan
dalam matematika sama?
v Apakah aktivitas menulis (menjawab soal
pemecahan masalah) termasuk ke dalam domain psikomotor?
3. Apa
saja usaha-usaha yang dilakukan supaya saya
paham?
Saya mencoba mencari berbagai informasi
dari berbagai sumber termasuk melalui diskusi dengan teman mengenai hal-hal
yang belum saya pahami terkait analisis domain psikomotor sebagai
faktor yang relevan dalam memahami konsep matematika.
4. Apa
yang saya dapatkan dari teman?
Dari
berbagai sumber yang saya cari dan hasil diskusi ada beberapa pendapat yang
dikemukakan.
v Pendapat
pertama mengatakan bahwa psikomotor dan keterampilan memiliki arti dengan spesifikasi yang
berbeda, psikomotor lebih condong ke arah gerakan fisik. Sementara Keterampilan
lebih ke arah kreativitas dalam mengerjakan sesuatu. Dimana, pada landasannya,
keterampilan sendiri di dasari oleh gerakan motorik seseorang. Hal ini juga
berlaku dalam matematika. Jadi, disimpulkan; psikomotor dan keterampilan itu berbeda
dalam domainnya, namun berkaitan. Selain itu, menjawab soal pemecahan masuk
ke dalam domain psikomotor. Dimana pada aktivitas menulis sendiri adalah
motorik, dan pada pemecahan soalnya masuk ke kategori memanipulasi (melatih,
mengoreksi, dan mengidentifikasi masalah)
v Ranah psikomotor merupakan ranah
yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah
seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah ranah
yang berhubungan dengan aktivitas fisik. Aktivitas menulis adalah salah satu
cakupan pada ranah keterampilan yaitu ranah abstrak. Dimana dalam ranah
abstrak, keterampilan ini mencakup aktivitas menulis, membaca, menghitung,
menggambar, menganalisis dan mengarang.
v Ranah psikomotor berhubungan
dengan hasil belajar yang pencapaiannya melalui keterampilan manipulasi yang
melibatkan otot dan kekuatan fisik. Misalnya; menulis, memukul, melompat dan
lain sebagainya.
Dari ketiga pendapat ini, dapat saya
simpulkan bahwa ranah psikomotor berhubungan dengan keterampilan dan aktivitas
fisik. Termasuk didalamnya kegiatan menulis, membaca, menghitung, menggambar, menganalisis dan
mengarang.
5. Apa
yang saya berikan kepada teman?
Dalam
diskusi, saya menyampaikan pendapat saya mengenai bentuk penilaian psikomotor. Psikomotor
ini dapat dinilai melalui kemampuan berpikir pada siswa maupun dalam aktivitas
motorik seperti saat menggambar grafik, dapat kita nilai keterampilan siswa
baik dari segi kerapian, kecermatan, maupun kebenaran grafik yang digambarnya. Penilaian
psikomotor ini juga disesuaikan dengan materi yang diajarkan.
Comments
Post a Comment